Jumat, 10 Oktober 2008

Hardware Komputer


Jaman sekarang kita tak bisa lepas dari komputer. Hampir semua pekerjaan menggunakan komputer. Komputer terdiri dari berbagai komponen. Salah satu pembagian komponen komputer yaitu hardware dan software.

Hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik dari komputer.
Macam-macam hardware komputer:

Motherboard/Mainboard
M
otherboard adalah papan untuk menaruh kompenen-kompenen hardware lainnya pada komputer. Pada motherboard terdapat slot-slot untuk menaruh hardware seperti prosesor, hardisk, vga card, memori, otical disk dll. Karena hampir semua perangkat di letakkan disini maka disebut motherboard atau mainboard.




Prosesor
P
rosesor adalah otak dari komputer. Semua pekerjaan yang dilakukan komputer diproses oleh prosesor. Kinerja komputer sangat bergantung pada jenis prosesor yang digunakan. Saat ini ada dua merk prosesor yang umum dikenal dipasaran Indonesia yaitu INTEL dan AMD.

Hardisk
Hardisk adalah media penyimpanan dalam komputer. Data dan file disimpan dalam hardisk. Hardisk secara fisik adalah piringan logam magnetik. Cara kerja hardisk yaitu piringan logam magnetik berputar dan data di baca dengan semacam proyektor. Kecepatan putaran hardisk dikenal dalam bentuk rpm. Hardisk di pasaran kebanyakan mempunyai kecepatan 7200 rpm.

Memori
M
emori adalah perangkat keras dalam komputer yang menyimpan intruksi-intruksi. Berbeda dengan hardisk yang menyimpan data/file. Memori menyimpan perintah dari dan ke prosesor. Semakin besar memori maka kecepatan dalam menjalankan perintah-perintah akan semakin cepat.

Optical Disk
O
ptical Disk adalah perangkat untuk membaca cd/dvd

Mouse
M
ouse adalah interface manusia dengan komputer untuk menjalankan komputer agar lebih mudah.

Keyboard
K
eyboard adalah interface manusia dengan komputer yang berupa huruf-huruf dan berbagai simbol lainnya untuk mengetikan ke mesin komputer.

Monitor
M
onitor adalah layar yang akan menampilkan visualisasi dari komputer. Monitor secara fisik berbentuk seperti televisi.


Tidak ada komentar: